WAlikota Basri Rase Perintahkan Sekda Aji Erlynawati Periksa Kepala Kesbangpol Bontang

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANGWalikota Bontang Basri Rase memerintahkan Sekretaris Daerah Aji Erlynawati untuk memeriksa Kepala Kesbangpol Bontang Sigit Alfian.

Hal itu terkait dukungan Ikatan Paguyuban Tanah Jawi (Ikapakarti) kepada Sigit Alfian untuk maju sebagai bakal calon walikota pada Pilkada mendatang.

“Sudah saya arahkan tadi pagi, bu Sekda, Asisten bagian hukum dan BKPSDM untuk memanggil dan memeriksa pak Sigit,” kata Basri saat ditemui usai melantik PTPS Kecamatan Bontang Selatan, Senin (22/1/2024).

Baca juga: Diusung Ikapakarti Jadi Bacalon Walikota Bontang, Sigit Terancam Saksi Pelanggaran Netralitas ASN

Menurut Basri, Sigit perlu memberikan penjelasan atas dugaan pelanggaran netralitas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Terlebih Sigit merupakan Kepala Kesbangpol yang semestinya paham dengan aturan. “Ada Peraturan Pemerintah 94 Tahun 2021 dan ada aturan badan pegawai nasional tentang Disiplin ASN, tindaklanjuti segera jangan sampai timbul gejolak,” ungkapnya.

Meski demikian, Basri mengakui setiap orang punya hak politik tetapi jika yang bersangkutan adalah abdi negara, ada aturan main yang mesti dipatuhi.

“Kalau saya dia mau maju atau tidak, itu adalah hak seseorang dan negara ini memfasilitasi itu. Yang terpenting tidak ada aturan yang ditabrak,” pungkasnya

Sebelumnya diberitakan, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bontang, Sigit Alfian, terancam disanksi karena diduga terlibat politik praktis.

Baca juga: Hadiri HUT Ikapakarti Kaltim, WaliKota Andi Harun Ingin Berkolaborasi Bangun Pusat Peradaban

Hal itu buntut dari beredarnya video dukungan Paguyuban Ikatan Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Kota Bontang, di grup WhatsApp masyarakat, kepada Sigit Alfian untuk bertarung dalam Pemilihan Walikota mendatang.

Dikonfirmasi, Ketua Ikapakarti Kota Bontang Harsono membenarkan video yang beredar itu.

Ia menjelaskan dukungan kepada Sigit merupakan hasil musyawarah dari penjaringan calon kepala daerah yang dibuka sejak Maret 2023 lalu.

“Diawal ada 11 nama kemudian mengerucut jadi 5. Sigit Alfian, Ahmad Bajuri, Kamilan, Nasrullah, dan Anwar Sanusi,” ungkapnya, Jumat (19/1/2024).

Para kandidat yang sudah diusung diminta untuk menyampaikan visi dan misi menjadi bakal calon Walikota Bontang dengan penilai tim panelis.

Baca juga: Ikapakarti PPU Harapkan Pembangunan di IKN Bisa Libatkan Masyarakat Lokal

Tidak hanya itu, Ikapakarti juga mempertimbangkan dukungan sosial dan modal finansial. “Pak Sigit adalah bakal calon yang terpilih dari proses ini,” bebernya.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

Sumber: Tribun Kaltim

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Updated: Januari 23, 2024 — 12:32 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *