Update Starlink Masuk RI, Elon Musk Wajib Penuhi Syarat Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Layanan internet global berbasis satelit dijadwalkan mulai tersedia untuk warga Indonesia pada tahun ini.

Mengenai hal ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ditjen PPI Kominfo Indra Maulana mengataka Starlink sudah menginformasikan seluruh pemenuhan yang harus mereka lakukan untuk bisa mendapat izin penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia.

Kominfo, lanjutnya, memberikan level yang setara dengan semua pelaku penyelenggara telekomunikasi lain yang beroperasi di RI.

“Dia harus berbadan hukum Indonesia, dia harus punya NOC di Indonesia, dia harus punya kontak layanan di Indonesia dan berbagai aturan teknis lainnya dengan mekanisme perizinan yang sama. Semuanya harus melalui OSS (Online Single Submission),” ujarnya saat ditemui di kantor Kominfo, Jumat (2/2/2024).

Ia menjelaskan bahwa selama ini Kominfo punya mekanisme perizinan OSS yang sudah bisa diselesaikan dengan sangat cepat, tanpa perlu ada mekanisme khusus.

Pihak Kominfo sudah memberikan arahan apa saja yang diperlukan Starlink. Kemudian untuk memenuhinya mereka masih butuh waktu.

“Tentu mereka butuh waktu menyediakan compliance tadi. Dan mereka sudah punya badan hukum di Indonesia, Starlink Indonesia. Ya kami tunggu prosesnya dan kami perlakukan semuanya sama melalui mekanisme perizinan di OSS,” kata Indra.

Dilihat dari situs resminya, layanan yang disediakan oleh perusahaan antariksa milik Elon Musk tersebut sudah membuka formulir berlangganan untuk warga RI.

Starlink adalah layanan internet yang disediakan oleh SpaceX untuk pengguna di seluruh dunia. SpaceX menempatkan ratusan satelit di orbit Bumi rendah yang berfungsi seperti “BTS” dan terhubung dengan perangkat berukuran kecil di permukaan Bumi.

Saat membuka peta ketersediaan atau Availability Map di laman resmi Starlink, wilayah Indonesia dilabeli ‘Starting in 2024’ atau mulai pada tahun 2024.

Informasi serupa juga didapatkan saat memasukkan nama wilayah dalam boks Service Address. CNBC Indonesia memasukkan sejumlah alamat di beberapa wilayah Indonesia dan mendapati Starlink akan mulai beroperasi pada 2024 mendatang.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Aksi Elon Musk Bikin Putin Happy, Senator Amerika Murka


(fab/fab) 

Updated: Februari 2, 2024 — 8:31 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *