Serba-serbi Sistem Informasi Logistik Pemilu 2024

Jakarta

Sistem Informasi Logistik (Silog) KPU merupakan salah satu alat bantu berupa website atau aplikasi terkait logistik dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia. Silog dikelola oleh KPU.

Logistik Pemilu perlu dikelola secara optimal baik pada tahap perencanaan kebutuhan dan penganggarannya, pengadaan, pendistribusian, serta pemeliharaan dan inventarisasi. Untuk mewujudkannya, KPU bekerja mengembangkan sistem informasi logistik Pemilu (Silog Pemilu).

Silog Pemilu adalah merupakan suatu aplikasi tahapan pengelolaan logistik, dengan mengintegrasikan atau menggabungkan semua proses yang terjadi dalam pengelolaan logistik Pemilu ke dalam suatu aplikasi berbasis web (online) sehingga dapat diperoleh data yang cepat, tepat dan real time sesuai kondisi lapangan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut informasi dikutip dari situs resmi KPU, Silog Pemilu merupakan hasil kerjasama antara KPU dengan pihak Institut Teknologi Bandung (ITB), yang telah dikembangkan sejak tahun 2008. Silog KPU telah digunakan sejak penyelenggaraan Pemilu 2009, Pemilu 2014, Pemilihan 2015, Pemilihan 2017, dan Pemilu 2019.

Hingga saat ini Silog Pemilu dapat diakses oleh seluruh pengguna yang merupakan satuan kerja KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota yang telah memiliki hak akses. Selain itu, publik atau masyarakat juga dapat mengakses Silog dan membaca setiap informasi terkait pengelolaan logistik Pemilu.

Untuk lebih mengoptimalkan penyediaan data dan informasi pengelolaan logistik Pemilu dalam rangka menunjang pelaksanaan Pemilu baik secara internal KPU maupun kepada masyarakat, maka Pengembangan Silog bertujuan sebagai berikut:

Terwujudkan pengembangan Silog yang menunjang kebijakan KPU dalam pengelolaan logistik Pemilu;Terwujudnya pengembangan quick report data dan informasi Pemilu berbasis website;Terwujudnya pengembangan quick report data dan informasi Pemilu berbasis mobile app launcher.

Seperti dilansir situs resmi KPU, dalam rangka menunjang proses penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang dilaksanakan secara serentak, KPU sebagai salah satu lembaga yang berwenang untuk menyelenggarakan proses tahapan penyelenggaraan Pemilu di Indonesia berkewajiban untuk mempersiapkan dan mensukseskan pelaksanaan Pemilu tersebut, salah satunya adalah menyediakan logistik Pemilu.

Terkait logistik Pemilu 2024, KPU bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Adapun logistik dalam Pemilu terdiri dari perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya.

Perlengkapan pemungutan suara:

Kotak suaraSurat suaraTintaBilik pemungutan suaraSegelAlat untuk mencoblos pilihanTempat Pemungutan Suara (TPS).

Dukungan perlengkapan lainnya:

Sampul kertasTanda pengenal KPPS/KPPSLN, petugas ketertiban, dan saksiKaret pengikat surat suaraLem/perekatKantong plastikPena bolpoin (ballpoint)Gembok atau alat pengaman lainnyaSpidolFormulir untuk berita acara dan sertifikat serta formulir lainnyaStiker kotak suaraTali pengikat alat pemberi tanda pilihanAlat bantu tunanetraDaftar Pasangan Calon dan daftar calon tetapSalinan daftar pemilih tetap.

Demikian sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, Dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya Dalam Pemilihan Umum.

(wia/idn)

Ulasan Debat Pilpres 2024

Temukan analisa debat capres-cawapres pilihanmu hanya di detikpemilu!

Lihat

 

Updated: Januari 25, 2024 — 4:32 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *