Respons NasDem soal Uang Hasil Pemerasan Mantan Mentan SYL Mengalir ke Partai Rp 40 Juta

TRIBUNJABAR.ID – Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim, menanggapi dakwaan yang dibacakan oleh JPU KPK terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Syahrul merupakan politisi NasDem.

Dalam dakwaan disebut, uang yang diduga hasil korupsi di lingkungan kerja Kementan turut mengalir ke Partai NasDem. Jumlahnya sekitar Rp 40 juta.

“Mungkin itu sumbangan SYL terhadap salah satu acara NasDem,” kata Taslim kepada Tribunnews, Rabu (28/2/2024).

Menurut Taslim, sebuah kewajaran jika seorang kader memberikan sumbangan ke partai. Hanya saja, pihak partai biasanya tidak pernah menanyakan asal-muasal dari uang yang disumbangkan oleh para kadernya.

Baca juga: NasDem Kecipratan Rp 40 Juta, Mantan Mentan SYL Didakwa Peras Anak Buahnya Rp 44,5 Miliar

“Bukan hanya SYL yang nyumbang-nyumbang, kita-kita juga nyumbang. Kita kan ndak mungkin nanya sama penyumbang asal usul sumbangannya,” ujarnya.

Saat ditanyakan bentuk acara NasDem yang turut mendapatkan andil berupa sumbangan dari SYL itu apa, Taslim tidak bisa memastikan.

Sebab, kata Taslim, hal itu masih kemungkinan, karena sejatinya setiap kader memberikan sumbangan ke partai itu adalah suatu yang biasa terjadi.

Baca juga: KPK Endus Keterlibatan Anak Mantan Mentan SYL Dalam Kasus Jual Beli Jabatan di Kementan

“Saya katakan mungkin untuk salah satu acara, dan itu biasa banget di partai, kader menyumbang partainya. Saya juga ndak tau untuk acara apa? Kalau ada? Sekali lagi kalau orang nyumbang kita kan ndak mungkin nanya sumbangan ini berasal dari mana?” tegas Taslim. (tribunnetwork/rizki sandi)

 

Updated: Februari 29, 2024 — 1:44 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *