Relawan ABJ Balas Guntur: Dulu Sebut Jokowi Anak Ideologis Soekarno

Jakarta

Putra sulung Soekarno, Guntur Soekarnoputra, mengatakan jika paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, menang di Pilpres 2024, semua pihak bisa diurus termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) mengungkit pernyataan Guntur yang dulu pernah menyebut Jokowi sebagai anak ideologis Soekarno.

“Ucapan atau pernyataan yang dapat ditafsirkan atau mengesankan permusuhan kepada Presiden Jokowi sebagaimana disampaikan Pak Guntur bertentangan dengan pernyataan yang pernah Bapak buat, di mana menurut Pak Guntur dalam artikel yang diterbitkan beberapa waktu lalu justru Bapak menyebut Presiden Jokowi sebagai anak ideologi Soekarno yang berani melawan tekanan bangsa asing,” kata Ketua DPP ABJ Supriyanto kepada wartawan, Selasa (29/1/2024).

Supriyanto berharap kalangan elite tak menciptakan perpecahan jika berbeda pandangan di Pilpres 2024. Dia menekankan pentingnya persatuan nasional.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sehingga harapan kami jika terjadi perbedaan pendapat dan pilihan dalam pemilu dan pilpres tidak menjadikan perpecahan di kalangan elite politik dan terutama masyarakat karena persatuan nasional adalah di atas segalanya sebagai legacy Bung Karno, founding father republik ini,” ujarnya.

Supriyanto mengatakan tiap kandidat berharap dapat memenangkan kontestasi pilpres. Namun, kata dia, presiden terpilih nantinya tak dapat berbuat sewenang-wenang.

“Setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden pasti mempunyai harapan untuk memenangkan pemilihan presiden langsung oleh rakyat pada pemilu serentak 14 Februari 2024 nanti. Tidak hanya Ganjar-Mahfud yang ingin menang, tapi kami juga menginginkan paslon 02 Prabowo-Gibran yang kami dukung juga dapat menang,” kata dia.

“Presiden terpilih nantinya memang memiliki hak prerogatif tetapi hak tersebut terikat pada aturan konstitusi dalam sistem demokrasi dan ketatanegaraan kita. Di mana tidak dimungkinkan presiden dapat berbuat semaunya atau berbuat apa saja kepada warga negara termasuk pada Presiden Jokowi,” imbuh dia.

Sebelumnya, Guntur mengajak untuk memenangkan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, di Pilpres 2024. Guntur juga sempat menyinggung soal Jokowi yang bisa diurus jika Ganjar Pranowo sudah jadi presiden.

Guntur awalnya berbicara terkait ajaran Presiden Sukarno. Menurutnya, sekarang ada hal yang perlu didahulukan yakni memenangkan Ganjar-Mahfud.

“Saat ini kita harus ambeg parama-arta yang artinya kita dahulukan semua hal-hal yang sudah tidak dapat ditunda dan menunda semua hal-hal yang masih bisa kita tunda. Nah, sekarang apa hal yang tidak bisa lagi ditunda? Yang tidak bisa ditunda tidak lain tidak bukan adalah memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia,” kata Guntur seperti dilihat dalam YouTube Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo, Senin (29/1).

Guntur menyebut jika kemenangan Ganjar sudah tercapai, maka urusan lainnya akan mudah. Termasuk, kata dia, mengurus Presiden Jokowi.

“Kalau itu sudah tercapai, kekuasaan dan hak prerogatif ada di Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, baru yang lain mau kita apa-apain itu gampang, termasuk Jokowi itu mau kita apain nantilah,” ucap Guntur disambut riuh hadirin.

(fca/dek)

Ulasan Debat Pilpres 2024

Temukan analisa debat capres-cawapres pilihanmu hanya di detikpemilu!

Lihat

 

Updated: Januari 29, 2024 — 6:53 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *