PSMTI Dorong Partisipasi Masyarakat Menggunakan Hak Pilih pada 14 Februari 2024

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Seluruh elemen masyarakat diimbau untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Wakil Sekretaris Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Anthony Leong menyampaikan bahwa pesta demokrasi ini menjadi kesempatan emas bagi warga negara untuk menentukan arah dan masa depan bangsa untuk lima tahun ke depan.

Baca juga: BKN Terima 47 Laporan ASN Tak Netral Selama Pemilu 2024, Apa Saja Jenis Pelanggaran dan Sanksinya?

“Kita perlu mengajak seluruh masyarakat Indonesia, semua warga negara, untuk aktif berpartisipasi dalam pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Kita pilih kandidat pemimpin terbaik dari yang terbaik,” ujarnya, Minggu (4/2/2024).

Ia mengungkapkan, di Indonesia dalam enam pemilihan terakhir (pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan kepala daerah), terdapat kenaikan tingkat partisipasi pemilih.

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 menghasilkan partisipasi pemilih yang paling tinggi sebesar 81,9 persen, meningkat dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 sebesar 69,6 persen.

Baca juga: Megawati Ajak Seluruh Rakyat Indonesia Wujudkan Pemilu 2024 Berjalan Jujur, Adil, dan Bermartabat

Begitu pula dalam pemilihan kepala daerah, di mana partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 sebesar 76,9 persen, meningkat dari pemilihan kepala daerah tahun 2015 (70 persen), 2017 (74 persen), dan 2018 (73,2 persen).

“Kita harapkan bahwa partisipasi pemilih bisa diatas 85 persen untuk pilpres 2024 sehingga kontestasi bisa berkualitas. Untuk itu kita pastikan semua elemen masyarakat ayo ke TPS. Get out the vote,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda (BPP HIPMI) itu.

“Tentunya dalam berkontribusi untuk pembangunan nasional ke depan perlu kolaborasi berbagai pihak dan tidak memandang latar belakang. Kita perlu dorong kader terbaik untuk bisa berkontribusi untuk sektor ekonomi dan pemerintahan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia atau PSMTI adalah sebuah organisasi kemasyarakatan suku Tionghoa di Indonesia yang pada periode 2022-2026 dipimpin Wilianto Tanta selaku Ketua Umum PSMTI Pusat.

PSMTI sebagai organisasi masyarakat berasaskan Pancasila & berlandaskan UUD 1945. PSMTI bersifat sosial, budaya & kemasyarakatan, tidak berpolitik praktis dan bukan partai politik. 

BERITATERKAIT

Berita Terkait

 

Updated: Februari 4, 2024 — 8:46 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *