Profil Joel Kojo, Pemain Kirgistan Penentu Kelolosan Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar Piala Asia

Suara.com – Mengenal lebih jauh sosok Joel Kojo, pemain milik Kirgistan yang menjadi penentu kesuksesan Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan berhasil menembus babak 16 besar Piala Asia 2023.

Kepastian ini ditentukan usai pesaing terdekat skuad Garuda di peringkat tiga terbaik, yakni Oman, bermain imbang kontra Kirgistan, Kamis (25/1) malam WIB.

Dalam duel pamungkas grup F tersebut, Oman sempat membuka asa lolos usai mencetak gol lewat Muhsen Al-Ghassani di menit ke-8.

Nahas, kemenangan dan tiket kelolosan ke 16 besar yang ada di depan mata harus sirna di menit ke-80 usai Kirgistan menyamakan kedudukan lewat Joel Kojo.

Andai gol Joel Kojo itu tak tercipta, maka Oman bisa meraih tiga poin dan bakal menyalip Timnas Indonesia di posisi keempat peringkat tiga terbaik.

Tak ayal, gol Joel Kojo itu membuat namanya pun kemudian dielu-elukan oleh netizen Tanah Air. Sebagian besar menganggap dirinya adalah pahlawan bagi Timnas Indonesia.

Lantas, siapakah sosok Joel Kojo tersebut? Seperti apa rekam jejaknya di kancah sepak bola, termasuk bersama Kirgistan?

Pemain Naturalisasi Kirgistan

Joel Kojo merupakan pemain berkebangsaan Kirgistan yang lahir di Accra, Ghana, pada 21 Agustus 1998 atau saat ini berusia 25 tahun.

Meski lahir dan tumbuh di Ghana, siapa yang menyangka jika karier sepak bola Joel Kojo di level profesional justru dimulai dan dilakoni di Kirgistan.

Sebelum berkarier di Kirgistan, Joel Kojo menimba ilmu di akademi KK Adonteng Stars di tanah kelahirannya. Barulah pada 2017, ia berpetualang ke negara yang terletak di Asia Tengah itu.

Klub pertama Joel Kojo di Kirgistan sendiri adalah FC Alay Osh. Ia bergabung pada 2017 dan bertahan di klub tersebut hingga tahun 2021.

Selama kurang lebih 3,5 tahun bermain untuk FC Alay Osh, Joel Kojo dikenal sebagai penyerang tajam. Tercatat ia tampil sebanyak 70 kali dengan sumbangan 44 gol di segala ajang.

Kiprah apiknya di FC Alay Osh membuat Joel Kojo kemudian bergabung klub Kirgistan lainnya yakni FC Dordoi Bishkek pada Januari 2021 dengan kontrak satu tahun.

Meski berpindah klub, ketajamannya tetap tak mengendur. Joel Kojo bahkan mampu mencetak total 15 gol dari 23 pertandingan di segala ajang.

Karena kontraknya yang habis, per Februari 2023 lalu Joel Kojo merapat ke klub Kirgistan lainnya yakni Dinamo Samarqand dan menjadi klubnya hingga saat ini.

Hingga artikel ini dibuat, Joel Kojo mampu mencetak 15 gol dari 39 pertandingan, yang kian menegaskan statusnya sebagai penyerang top di Kirgistan.

Kiprahnya sejak 2017 hingga 2023 itu lantas membuat Timnas Kirgistan memanggilnya. Karena lahir dan besar di Ghana, Joel Kojo pun harus menjalani naturalisasi untuk membela The White Falcons.

Debutnya bagi Kirgistan sendiri terjadi pada Juni 2023 di ajang CAFA Nations Cup. Sejak debutnya itu, Joel Kojo telah tampil sebanyak 13 kali dan mencetak empat gol.

Kontributor: Felix Indra Jaya

 

Updated: Januari 26, 2024 — 10:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *