Mahasiswa UNM Prodi Sains Data Jadi Project Leader PT Revolusi Cita Edukasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Program MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) Bacth 5 sudah memasuki tahap-tahap akhir. MSIB merupakan salah satu program kampus merdeka yang diselenggarakan oleh kementrian pendidikan diikuti oleh ribuan mahasiswa seluruh Indonesia. 

Desi Masdin Dama mahasiswa program studi (prodi) Sains Data semester 5 Universitas Nusa Mandiri (UNM) menjadi kebanggaan, sebab Desi terpilih sebagai project leader memimpin rekan-rekannya dalam project capstone. Anggota kelompok Desi berasal dari mahasiswa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) juga dari PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di Indonesia di capstone project data analytics pada mitra PT Revolusi Cita Edukasi.

Baca Juga

UNM dan NSC Sukses Gelar Kunjungan Studi ke Perusahaan Startup

UNM Siap Gelar Workshop Inovasi Bagi Mahasiswa di Kampus Jatiwaringin

UNM Turut Berpartisipasi dalam Penutupan Program Global E-Commerce Talent Kampus Merdeka

Ia memegang tanggung jawab dalam mengelola capstone project secara berkelompok, perannya melibatkan serangkaian tugas yang sangat penting. 

“Dalam menjalankan proyek ini, saya tidak hanya memimpin diskusi, tetapi juga menetapkan strategi serta mendistribusikan tugas kepada setiap PIC (Person in Charge) di setiap role yang ada,” kata Desi, dalam rilis yang diterima, Sabtu (20/1/2024).

Menurut Desi, Poject Leader bertugas memastikan peran dan tanggung jawab dari setiap anggota tim telah ditetapkan dengan jelas, termasuk mengidentifikasi dan memahami keahlian individu untuk memastikan penempatan yang optimal dalam tim. 

“Project leader juga aktif memimpin diskusi untuk merumuskan strategi proyek yang sesuai dengan tujuan capstone project,” tegasnya. 

Desi juga bertanggung jawab untuk memberikan laporan tertulis dengan mengisi “Capstone Project Checklist” yang mana berisi semua tahapan proyek.

“Seorang project leader juga harus mampu memastikan jalannya pengerjaan dengan memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan oleh PT Revolusi Cita Edukasi serta menjaga agar setiap tahapan sesuai batas waktu yang telah ditetapkan,” katanya.

Sementara itu, Setiaji selaku dosen pembimbing MSIB dari Desi mengatakan Data Analytics, Data Visualization, Software Engineering dan Career Development merupakan bagian dari atau value dari project.

“Desi sebagai mahasiswa prodi Sains Data mampu memanage itu semua dengan baik, dengan pendekatan kepada anggota dan mentor yang cukup elegan, membuat Desi dan kelompoknya dapat menyelesaikan capstone project serta laporan tepat waktu,” kata Setiaji. 

Pada kesempatan ini, Ummu Radiyah selaku koordinator MSIB Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyampaikan bahwa Desi bisa menjadi role model atau inpirasi untuk temen-temen mahasiswa lainnya.

“Desi dapat menjadi contoh dan teladan yang baik buat mahasiswa lainnya, dengan kemauan dan rasa ingin tahu yang besar mahasiswa prodi Sains Data ini bisa menyelesaikan tugasnya dengan nilai memuaskan pada program yang ditugaskan pada dirinya,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

 

Updated: Januari 20, 2024 — 9:47 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *