Kumpulan Mitos Gunung Sumbing, Mulai dari Hunian Jin hingga Peradaban Purba


Kumpulan Mitos Gunung Sumbing, Mulai dari Hunian Jin hingga Peradaban Purba

wisata gunung sumbing

Mitos Gunung Sumbing jadi penambah daya tarik dari bentangan alam yang ada di Jawa Tengah ini.

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini berada di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

Gunung Sumbing juga dikenal sebagai gunung kembar dengan Gunung Sindoro, karena bentuk dan letaknya yang saling berhadapan. Jika dilihat dari arah Temanggung, kedua gunung ini tampak serupa, seperti halnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. 

Gunung Sumbing memiliki beberapa jalur pendakian yang berbeda, antara lain Jalur Garung, Jalur Bowongso, Jalur Kaliangkrik, Jalur Sipetung, dan Jalur Capit Parakan. Jalur Garung adalah jalur yang populer dan ramai dikunjungi para pendaki, karena jalur yang lebih pendek dan pemandangannya yang lebih indah dibandingkan jalur lainnya.

merdeka.com

Namun di balik keindahannya, Gunung Sumbing ternyata menyimpan berbagai mitos yang belum banyak diketahui orang. Mitos Gunung Sumbing yang berkembang pun sangat beragam, mulai dari adanya jin yang mendiami suatu wilayah, peradaban kuno, hingga jalur bawah tanah.

Dalam artikel berikut ini, merdeka.com akan mengulas lebih lanjut tentang apa saja mitos Gunung Sumbing dan asal usulnya.

Asal-usul Gunung Sumbing

Keberadaan Gunung Sumbing tak bisa dilepaskan oleh Gunung Sindoro yang berdiri megah di sisi utara.

Alkisah, dulu hiduplah sepasang suami istri yang dikaruniai dua orang anak. Kedua anak ini kepribadiannya sangat bertolak belakang. Salah satu anak memiliki karakter baik hati dan penuh sopan santun, sementara anak yang lain justru nakal dan sering membuat masalah.

Beranjak dewasa, kenakalan anak itu semakin menjadi-jadi. Sang ayah yang sejak dulu selalu sabar menghadapi anaknya itu akhirnya tak bisa lagi menahan amarah dan memukul anak sampai bibirnya sobek.

Si anak nakal inilah yang kemudian dinamakan Sumbing, sementara saudaranya yang baik hati bernama Sindoro.

Mitos Gunung Sumbing

Dihuni Jin dan Bidadari

Cerita lainnya, konon Gunung Sumbing merupakan tempat yang dihuni makhluk halus. Tapi makhluk halus di Gunung Sumbing ini adalah jin baik.

Dikabarkan makhluk halus ini akan benci pendaki yang suka melakukan perbuatan maksiat di kawasan gunung.

Bahkan konon katanya Gunung Sumbing sempat diduga meletus karena perbuatan maksiat yang begitu marak.

Mengutip Brilio.net, para jin penghuni Gunung Sumbing berdoa agar pendaki gunung diberi azab berupa gunung meletus atau kebakaran hutan.

Selain itu, Gunung Slamet juga menjadi tempat tinggal para bidadari. Mereka menebarkan harum aromanya melalui bunga edelweis yang tumbuh di ketinggian puncak gunung.

Peradaban Misterius di Kaki Gunung

Di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Ketangi, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, terdapat sebuah gua tersembunyi yang oleh warga sekitar dinamakan Omah Watu.

Omah Watu merupakan sebuah ruangan berukuran 5×6 meter yang untuk masuk ke dalamnya harus melalui celah batu.

Di sekitar mulut gua tersebut ada beberapa batu besar dengan tekstur halus. Di bebatuan itu terdapat relief dua dimensi. Relief-relief itu bergambar wayang dan sudah ada sejak lama di sana.

Sementara di ruangan 5×6 meter itu terdapat beberapa batu yang disusun rapi seperti meja.

Warga menduga batu itu adalah semacam altar pemujaan. Tempat itupun menjadi semacam peradaban purba yang belum banyak diteliti.

Jalur Purba Bawah Tanah

Widodo Waluyo, warga Muntilan yang sudah beberapa kali datang ke Omah Watu menceritakan bahwa ada sebuah celah di mana jika dimasuki akan bertemu dengan ruangan yang cukup besar.

Dinding-dinding itu terdapat relief dua dimensi, baik yang bergambar wayang maupun tak berbentuk.

Widodo tak berani masuk ke ruangan itu. Warga percaya bahwa di ruangan itu terdapat lorong atau jalur purba yang langsung terhubung ke Puncak Suroloyo di Perbukitan Menoreh.

Mitos Gunung Sumbing Lainnya

Gunung Sumbing memang gunung yang memiliki banyak cerita mistis dan legenda yang berkembang, terutama di kalangan pendaki dan masyarakat sekitar. Berikut beberapa mitos Gunung Sumbing yang sering diceritakan:

Ada peri di atas gunung

Peri di atas gunung menjadi mitos Gunung Sumbing yang cukup populer. Banyak pendaki atau warga sekitar yang mengaku pernah melihat sosok makhluk bercahaya di kawasan Gunung Sumbing. Ada yang menganggap makhluk itu sebagai peri yang tidak ingin terlihat oleh manusia, ada juga yang mengira itu adalah jin yang ingin menyesatkan para pendaki.

Orang tua menghisap menyan

Salah satu mitos Gunung Sumbing yang cukup terkenal adalah adanya sosok orang tua berpakaian adat Jawa kuno yang sedang duduk di pinggir jalur pendakian sambil menghisap rokok menyan. Pendaki yang melihatnya biasanya merasa takut atau heran, karena sosok itu dianggap sebagai penunggu gunung yang memiliki kekuatan gaib.

Rombongan baju putih

Ada juga cerita tentang rombongan orang-orang yang memakai baju putih yang sering terlihat di atas gunung. Mereka diyakini sebagai orang-orang pintar yang sedang bertapa atau berdiskusi di tempat yang dianggap sakral. Pendaki yang bertemu dengan mereka harus bersikap hormat dan tidak mengganggu.

Orang berbaju hitam

Sebaliknya, ada juga cerita tentang orang-orang yang memakai baju hitam yang sering terlihat di sekitar kawah gunung. Mereka diduga sebagai orang-orang yang sedang melakukan pesugihan atau meminta kekayaan dengan cara mistis. Mereka biasanya berkomat-kamit sambil mengucapkan mantra atau doa. Pendaki yang melihatnya harus berhati-hati dan tidak menyapanya.

Tempat pesugihan

Kawah Gunung Sumbing juga dipercaya sebagai tempat pesugihan yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin kaya dalam waktu singkat. Mereka biasanya membawa tumbal atau sesajen untuk ditukar dengan harta benda. Namun, hal ini tentu saja berbahaya dan bertentangan dengan ajaran agama.

Rekomendasi

telaga biru cicerem

Mitos Telaga Biru Kuningan, Legenda Orang Suci hingga Dijaga oleh Sosok Perempuan Sakti

Mitos Telaga Biru Kuningan memberikan daya tarik wisata yang semakin unik.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Gunung

Ada Cerita Pohon Bolong dan Sosok Naga Raksasa, Ini Mitos Gunung Kerinci di Provinsi Jambi

Di balik kemegahan dan pesona Gunung Kerinci terdapat rentetan misteri dan kisah mitos yang menarik untuk dikupas.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Konten Menarik

10 Mitos Menabrak Kucing Menurut Primbon, Bisa Jadi Pertanda Buruk

Mitos menabrak kucing merupakan suatu kepercayaan atau kebiasaan yang umumnya dianggap sebagai suatu bentuk takhayul atau mitos di beberapa budaya.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

Mitos Kucing

Mitos Memelihara Kucing, Dianggap Penambah Rezeki hingga Pembawa Sial

Kucing sudah menjadi hewan peliharaan sejak lama. Namun, keberadaan kucing ini juga memunculkan mitos-mitos di tengah masyarakat.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Gunung Slamet

5 Mitos Gunung Slamet, Pendaki Wajib Tahu

Gunung Slamet dikaitkan dengan berbagai mitos gaib dan unik.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Mitos

Mitos Kembang Kantil yang Kental dengan Hal Mistis, Punya Manfaat Kesehatan

Kembang kantil, atau cempaka putih, adalah salah satu bunga yang memiliki banyak mitos dan kepercayaan di masyarakat Indonesia, terutama di Jawa.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Konten Menarik

Mitos Rumah Tusuk Sate, Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Mitos rumah tusuk sate adalah sebuah kepercayaan yang berkembang di masyarakat Indonesia.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Mata Kedutan

Mitos Mata Kedutan Sebelah Kanan, Pertanda Keberuntungan

Mata kedutan dikaitkan dengan berbagai mitos atau nasib tertentu.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Bumi Perkemahan Rama Shinta Taman Wisata Candi Prambanan

5 Mitos Candi Prambanan, Kisah Roro Jonggrang hingga Kandasnya Hubungan

Candi Prambanan mempunyai legenda dan mitos yang menarik disimak.

Baca Selengkapnya

 

Updated: Maret 7, 2024 — 10:52 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *