Indikator: Banyak Orang Pilih Prabowo karena Latar Belakang Militer

Alasan Responden Memilih Prabowo-Gibran menurut Exit Poll Indikator (14 Februari 2024)

A Font Kecil
A Font Sedang
A Font Besar

Real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran unggul dalam Pilpres 2024.

Adapun menurut survei pasca-pencoblosan (exit poll) Indikator Politik Indonesia, citra Prabowo yang lekat dengan militer menjadi daya tarik utamanya dalam mendulang suara.

(Baca: Progres Real Count KPU 72%: Prabowo-Gibran Masih 58%)

Dari seluruh responden yang memilih Prabowo-Gibran, mayoritas atau 20,4% mencoblos pasangan tersebut karena alasan tegas, berwibawa, dan berlatar belakang militer. 

“Kebetulan dari capres-cawapres yang berlatar belakang militer hanya Pak Prabowo. Makanya ini sangat menonjol sekali,” kata Peneliti Utama Indikator Hendro Prasetyo dalam paparan surveinya secara daring, Rabu (21/2/2024).

Kemudian ada 14,6% responden yang memilih Prabowo-Gibran karena perhatian pada rakyat, dan 12,7% responden menilai mereka akan melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini (Prabowo-Gibran) mendapatkan berkahnya dengan memunculkan narasi melanjutkan (kinerja Jokowi),” kata Hendro. 

Lalu 9,9% responden memilih Prabowo-Gibran karena program kerja atau visi-misinya. Salah satu program kerja yang paling sering disuarakan adalah makan siang dan susu gratis untuk anak-anak.

Ada pula  responden yang mencoblos pasangan tersebut karena alasan berpengalaman (7,6%), bisa dipercaya atau amanah (6,5%), sudah ada bukti hasil kerjanya (4,3%), serta ingin ada perubahan (4%).

Selain itu, terdapat responden yang mendukung pasangan ini karena ada Gibran yang berasal dari kalangan anak muda dan anak Jokowi (2,6%), suka dengan capres-cawapres (2,2%), dan dinilai bersih dari korupsi (2,2%).

Survei pasca-pencoblosan Indikator ini melibatkan 2.975 responden yang dipilih menggunakan metode stratified two stage random sampling dari 3.000 tempat pemungutan suara (TPS) di setiap daerah pemilihan.

Survei dilakukan pada 14 Februari 2024 melalui wawancara tatap muka, dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 1,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Quick Count Final Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Unggul 58,47%)

Editor :
Adi Ahdiat

Data Terkait
Data Stories Terkini
Data Populer

Lihat Semua

Databoks Indonesia (@databoks.id)

Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata
Indonesia.

 

Updated: Februari 22, 2024 — 4:36 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *