Anies Respons Prabowo soal Tak Berhak Bicara Etik, Singgung Jenderal Sudirman

Jakarta

Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, merespons pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut Anies tak berhak untuk bicara etika. Anies lantas mempertanyakan tentang standar etik di bidang pertahanan.

“Pertanyaan kami adalah bagaimana standar etika dan kepemimpinan di bidang pertahanan. Seperti yang saya katakan tadi, semakin kompleks organisasi semakin harus menjunjung tinggi nilai. Sampaikan jawabannya jangan mempertanyakan tentang siapa penanyanya,” kata Anies dalam konferensi pers usai debat di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Anies mengatakan seorang presiden harus siap ditanyakan apapun oleh siapapun. Dia kemudian menyinggung soal kepemimpin Jenderal Sudirman yang menjunjung tinggi sebuah nilai.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Siapa saja boleh bertanya dan itulah tugas seorang calon presiden, siap ditanya apa saja oleh siapa saja, dan prinsip itu yang seharusnya dipegang,” ujar Anies.

“Kita harus fokus pada jawabannya apa, standar etikanya di mana. Apakah kita merujuk pada Panglima Besar Jenderal Sudirman yang menjunjung tinggi nilai, menjunjung tinggi etika sehingga dihormati sampai dengan hari ini,” ucapnya.

Prabowo Subianto, sebelumnya menyebut Anies Baswedan, tidak pantas bicara mengenai etik. Hal ini disampaikan ketika Prabowo menanggapi pertanyaan Anies di dalam debat.

Awalnya, Anies meminta Prabowo menjelaskan perihal adanya dugaan orang dalam di pengadaan alutsista dan food estate yang dipegang Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Anies juga menyebut Prabowo membiarkan pelanggaran etik.

Prabowo mengatakan data yang disampaikan Anies itu keliru. Dia juga bersedia buka-bukaan data dengan Anies.

Prabowo kemudian mengatakan keberatan bila Anies bicara mengenai etik. Dia menyebut Anies tidak pantas bicara tentang etik.

“Saudara bicara etik, etik saya itu keberatan. Karena itu saya punya nilai, maaf ya karena Anda desak saya, saya terus terang saja Anda tidak pantas bicara soal etik. Itu saja,” kata Prabowo dalam debat yang diselenggarakan KPU di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Prabowo menyebut Anies menyesatkan. Sebab, kata Prabowo, Anies memberi contoh yang tidak baik.

“Saya merasa bahwa Anda itu posturing, Anda itu menyesatkan, itu aja ya, saya boleh berpendapatkan?” katanya.

“Saya menilai Anda tidak berhak bicara soal etik, karena Anda memberi contoh yang tidak baik soal etik, terima kasih,” ucap Prabowo.

(dwr/dek)

Ulasan Debat Pilpres 2024

Temukan analisa debat capres-cawapres pilihanmu hanya di detikpemilu!

Lihat

 

Updated: Januari 7, 2024 — 7:07 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *