8 Maret: Peringatan Hari Perempuan Internasional, Begini Sejarah dan Tujuannya


8 Maret: Peringatan Hari Perempuan Internasional, Begini Sejarah dan Tujuannya

sumut

Tujuan utama dari peringatan ini untuk memajukan hak-hak perempuan, menyuarakan ketidaksetaraan gender, dan merayakan prestasi perempuan di berbagai bidang kehidupan.

Hari Perempuan Internasional adalah peringatan global yang diadakan setiap tahun pada 8 Maret.

Tujuan utama dari peringatan ini adalah untuk memajukan hak-hak perempuan, menyuarakan ketidaksetaraan gender, dan merayakan prestasi perempuan di berbagai bidang kehidupan.

Hari Perempuan Internasional bukan hanya menjadi panggung untuk menyuarakan tuntutan kesetaraan, tetapi juga sebagai ajang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting perempuan dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan politik.

Hari Perempuan Internasional menjadi platform untuk mengatasi isu-isu kontemporer seperti kekerasan berbasis gender, diskriminasi pekerjaan, dan ketidaksetaraan dalam akses terhadap pendidikan.

Berikut sejarah singat Hari Perempuan Internasional dan tujuannya:

Sejarah Singkat Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tahun pada 8 Maret. Tanggal ini pertama kali dirayakan pada tahun 1911. Clara Zetkin, seorang pemimpin pergerakan perempuan asal Jerman, mengusulkan agar ada hari khusus yang ditetapkan untuk merayakan perempuan dan memperjuangkan hak-hak mereka.

Pada pertemuan International Conference of Working Women yang diadakan di Kopenhagen pada 27 Agustus 1910, Clara Zetkin mengusulkan agar ditetapkan tanggal tertentu sebagai Hari Perempuan Internasional. Ia berharap dengan adanya perayaan ini, perempuan di seluruh dunia dapat bersatu untuk memperjuangkan hak-hak mereka, termasuk hak pilih dan hak-hak lainnya.

Usulan tersebut disambut baik dan mendapat dukungan dari berbagai negara. Tanggal 8 Maret dipilih sebagai hari yang tepat untuk merayakan Hari Perempuan Internasional. 

Pada tanggal ini pada tahun 1908, sekelompok perempuan pekerja di New York melakukan mogok kerja untuk memperjuangkan hak-hak mereka, termasuk hak pilih dan kondisi kerja yang lebih baik.

Pada tahun 1945, perempuan dari berbagai negara hadir dalam Konferensi PBB di San Francisco, Amerika Serikat. Mereka mendorong agar Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh PBB.

Pada tahun 1975, PBB secara resmi mengakui dan memperingati Hari Perempuan Internasional, menggaris bawahi pentingnya memperjuangkan hak-hak perempuan dalam mencapai perdamaian dunia.

Tema Hari Perempuan Internasional 2024

Tema Hari Perempuan Internasional 2024 adalah Invest ini woman: Accelerate progress. 

Secara umum, peringatan Hari Perempuan Internasional akan menekankan pentingnya meningkatkan kesejahteraan perempuan di tengah kemajuan teknologi digital.

Dalam era digital yang terus berkembang, perempuan sering menghadapi tantangan khusus. Mereka perlu mengatasi kesenjangan digital, yang termasuk akses terbatas terhadap teknologi dan pengetahuan digital.

Oleh karena itu, tema ini menyoroti pentingnya memberdayakan perempuan dalam menghadapi perubahan yang disebabkan oleh teknologi.

Tujuan Hari Perempuan Internasional

Peringatan Hari Perempuan Internasional 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu yang dihadapi perempuan dalam era digital dan mendorong terciptanya kebijakan dan program yang mendukung kesejahteraan mereka.

Tema ini juga mengajak semua pihak untuk berupaya memastikan bahwa perempuan memiliki akses penuh dan setara terhadap teknologi digital, serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital.

Meningkatkan kesejahteraan perempuan dalam era digital juga akan berdampak positif pada pembangunan sosial dan ekonomi secara keseluruhan. Dengan memberdayakan perempuan dalam era digital, kesempatan untuk pendidikan, keuangan, kesehatan, dan kesetaraan gender dapat ditingkatkan.

Hal ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat dan negara secara keseluruhan.

Oleh karena itu, Hari Perempuan Internasional 2024 bertujuan untuk menggalang dukungan dan kerja sama yang lebih luas dalam menciptakan kondisi yang lebih adil dan setara bagi perempuan dalam era digital yang terus berkembang.

Mengapa Hari Perempuan Internasional Itu Penting?

Peringatan ini penting karena mempromosikan kesetaraan gender dan mengingatkan kita tentang perjuangan dan pencapaian perempuan dalam sejarah.

IWD membantu menciptakan kesadaran tentang stereotipe gender dan perlunya melawan diskriminasi terhadap perempuan di berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, dan kesempatan kerja.

Kampanye Hari Perempuan Internasional 2024 bertujuan untuk mengatasi stereotipe dan diskriminasi yang masih ada di masyarakat. Kampanye ini berfokus pada perempuan sebagai pemimpin dan perubahan yang diinginkan meliputi pemerataan kesempatan, eliminasi kekerasan gender, dan partisipasi aktif perempuan dalam pengambilan keputusan.

Hari Perempuan Internasional 2024 menjadi penting karena memanfaatkan momentum gerakan hak-hak perempuan yang semakin kuat dan upaya perempuan dalam mencapai kesetaraan gender.

Makna Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional memiliki makna penting sebagai peringatan dan penghormatan terhadap peran serta kontribusi perempuan di berbagai bidang kehidupan.

Hari ini dirayakan setiap tahunnya pada 8 Maret sebagai momentum untuk mengakui hak-hak perempuan, memperingatkan ketidaksetaraan gender, dan merayakan prestasi perempuan di seluruh dunia.

Melalui perayaan ini, masyarakat diingatkan untuk terus berjuang demi kesetaraan gender, memberdayakan perempuan di berbagai sektor, dan mengakhiri segala bentuk diskriminasi terhadap mereka.

Hari Perempuan Internasional juga menjadi kesempatan untuk menyoroti isu-isu khusus yang dihadapi oleh perempuan, seperti kekerasan berbasis gender, ketidaksetaraan dalam lapangan pekerjaan, dan akses terbatas terhadap pendidikan dan kesehatan.

Peringatan ini bukan hanya tentang memperingati pencapaian perempuan, tetapi juga tentang menyadarkan masyarakat akan ketidaksetaraan yang masih ada serta mendorong tindakan konkret menuju perubahan positif.

Melalui kesadaran dan aksi bersama, Hari Perempuan Internasional bertujuan untuk menciptakan dunia di mana perempuan dan laki-laki memiliki hak, peluang, dan kewajiban yang sama dalam semua aspek kehidupan.

Rekomendasi

Konten Menarik

35 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Perempuan Internasional 2024, Menyentuh Hati dan Penuh Makna

Setiap tanggal 8 Maret, masyarakat dunia memperingati Hari Perempuan Internasional.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Ucapan Terima Kasih

11 Januari Hari Terima Kasih Internasional, Ini Sejarah dan Tujuannya

Peringatan ini dirayakan secara global, sebagai bentuk gerakan untuk terus menyebarluaskan budaya terima kasih.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

mertua dan menantu

Curhat Perempuan Indonesia Kaget sama Kelakuan Mertua Asal Jepang, Bersikap Tak Terduga ke Cucu

Begini cara tak terduga mertua perempuan asal Indonesia yang berasal dari Jepang ke cucunya. Bikin senyum-senyum sendiri.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

sejarah

11 Februari, Peringati Hari Internasional Perempuan dan Anak Perempuan dalam Sains

Hari Perempuan dan Anak Perempuan Internasional dalam Sains merupakan pengingat akan pentingnya keberagaman dan inklusivitas dalam komunitas ilmiah.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Pemilihan Presiden

Tujuan Pemilu 1955 di Indonesia dan Hasilnya, Begini Sejarahnya

Pemilu 1955 ini menjadi yang pertama kali diadakan setelah Indonesia memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1945.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Konten Menarik

Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949, Ini Sejarah dan Para Tokoh Penggagasnya

Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah sebuah upaya besar dalam perang kemerdekaan Indonesia melawan Belanda.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Literasi Keuangan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ungkap Merdeka Finansial Bukan Sekedar Impian Bagi Perempuan

Menteri Bintang mengatakan perempuan adalah kekuatan bangsa yang akan menentukan pembangunan Indonesia di masa depan.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Konten Menarik

21 Januari: Peringatan Hari Pelukan Nasional, Berikut Sejarah dan Tujuannya

Hari Pelukan Nasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 21 Januari.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Daftar Hari Libur Nasional

Daftar Lengkap Hari Libur Nasional dan Internasional Januari 2024

Penetapan hari libur 2024 memberikan panduan bagi Setiap bulan di kalender masehi memiliki tanggal penting untuk perayaan nasional dan internasional.

Baca Selengkapnya

 

Updated: Maret 7, 2024 — 10:31 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *