26 Februari Peringati Black Lives Matter Day, Begini Sejarahnya

sumut

Hari ini memiliki arti penting sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan rasisme dan diskriminasi sistemik yang dihadapi individu kulit hitam setiap hari.

Pertama kali diperingati pada tahun 2015, Black Lives Matter Day menjadi hari untuk menarik perhatian terhadap ketidakadilan yang dihadapi komunitas kulit hitam dan mempromosikan kesetaraan ras.

Sejak saat itu, gerakan ini menjadi gerakan global, dimana masyarakat di seluruh dunia menentang rasisme dan diskriminasi sistemik. 

Black Lives Matter Day adalah hari untuk mengenang Trayvon Martin, seorang remaja Afrika-Amerika yang dibunuh oleh orang kulit putih Amerika. Bebasnya George Zimmerman dari tuduhan pembunuhan tersebut, dan ia bisa dengan bebas berkeliaran setelahnya, menyebabkan gelombang kemarahan yang meluas hingga muncul kampanye nasional yang berpusat pada keadilan bagi orang kulit hitam.

Bisa dibilang Black Lives Matter adalah nyanyian yang menentang diskriminasi rasial dan kekerasan terhadap orang kulit hitam. 

Sejarah Hari Hidup Hitam Penting

Orang kulit hitam umumnya dianggap sebagai orang yang berasal dari Afrika dan menetap di berbagai belahan dunia. Teorinya adalah, di antara ketiga putra Nuh, Ham menetap di Afrika dan keturunannya adalah orang-orang yang saat ini kita lihat tinggal di sana dan berkembang ke wilayah lain juga. 

Meskipun semua ini masih bersifat teoretis, sejak dinasti-dinasti Hamitik di Afrika kehilangan kendali atas tanah mereka, dan dinasti-dinasti Semit mengambil alih sekitar tahun 1300 SM, populasi Hamitik telah diperbudak dalam berbagai bentuk.

Orang kulit hitam telah dianiaya secara kejam, dijual sebagai budak, dan dirampas hak-haknya sebagai manusianya. Dengan harapan mendapatkan kehidupan dan kondisi kehidupan yang lebih baik, mereka bermigrasi ke berbagai belahan dunia, yang pada umumnya tidak ada perubahan drastis bagi mereka. 

Mereka yang bermigrasi ke Amerika pada masa pra-kolonial dan setelah Kemerdekaan Amerika diperbudak hingga Perang Saudara ketika perbudakan dihapuskan.

Perbudakan mungkin telah berakhir, namun hal ini mengakibatkan dimulainya kejahatan rasial, semua karena orang kulit hitam tidak berkulit putih, dan begitu banyak orang di dunia yang percaya pada superioritas kulit putih.

Selama ini kita terus menerus melihat penderitaan orang kulit hitam. Mereka dianiaya, didiskriminasi, dan dipandang dengan kebencian. Beberapa orang melakukan tindakan ekstra dan membunuh orang kulit hitam.

Hal serupa terjadi pada tanggal 22 Februari 2012, ketika seorang remaja laki-laki Afrika-Amerika berusia 17 tahun ditembak mati oleh seorang pria Hispanik-Amerika, George Zimmerman, di Florida. Insiden seperti pembunuhan George Floyd oleh polisi kulit putih telah membuktikan bahwa nyawa orang kulit hitam tidak ada nilainya.

Bersatu melawan penganiayaan ini, Black Lives Matter Day dimulai sebagai gerakan desentralisasi untuk mengakhiri diskriminasi dan ketidakadilan rasial. Berbagai organisasi dan badan sosial telah menyuarakan dukungan mereka terhadap Black Lives Matter, dan secara terbuka mendukung tujuan tersebut.

Sejak pembunuhan George Floyd, nyanyian tersebut mendapat dukungan lebih besar dan diiklankan di hampir setiap forum besar.

Mengapa Perayaan Black Lives Matter Day Penting?

Mengakui dan menghormati nilai kehidupan orang kulit hitamBlack Lives Matter Day adalah pengingat untuk mengakui dan menghormati nilai dan martabat yang melekat pada semua individu kulit hitam. Hari peringatan ini berfungsi sebagai platform untuk mengakui rasisme sistemik dan menuntut kesetaraan dan keadilan bagi komunitas kulit hitam.

Memberikan perhatian pada ketidakadilan sosial yang sedang berlangsungBlack Lives Matter Day membawa perhatian pada ketidakadilan sosial yang dihadapi oleh komunitas kulit hitam, mulai dari kebrutalan polisi hingga diskriminasi sistemik. Ini adalah hari untuk memperkuat isu-isu ini dan mendiskusikan cara-cara untuk menciptakan perubahan nyata dalam masyarakat kita.

Mengutamakan persatuan dan solidaritasBlack Lives Matter Day mendorong orang-orang dari semua ras untuk bersatu dalam solidaritas dan dukungan terhadap komunitas kulit hitam. Ini adalah hari untuk mengakui bahwa kita semua adalah bagian dari satu keluarga umat manusia dan berjanji untuk melawan rasisme dalam segala bentuknya.

Bagaimana Cara Merayakannya?

Black Lives Matter Day adalah hari untuk menunjukkan solidaritas dengan gerakan Black Lives Matter, yang berjuang untuk mengakhiri rasisme dan ketidakadilan terhadap orang kulit hitam di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa cara untuk merayakan Black Lives Matter Day:

Mengenakan pakaian hitam sebagai simbol dukungan dan penghormatan kepada orang kulit hitam yang menjadi korban kekerasan dan diskriminasi.Membawa spanduk, poster, atau atribut lain yang bertuliskan Black Lives Matter atau slogan-slogan yang berkaitan dengan gerakan ini, seperti “Say Their Names”, “I Can’t Breathe”, atau “No Justice, No Peace”.Mengikuti aksi protes, demonstrasi, atau kumpul-kumpul yang diselenggarakan oleh kelompok-kelompok Black Lives Matter atau organisasi lain yang mendukung tujuan mereka.
Mendengarkan, membaca, atau menonton karya-karya seni, sastra, atau media yang dibuat oleh orang kulit hitam atau yang mengangkat isu-isu yang dihadapi oleh komunitas kulit hitam, seperti musik, puisi, film, buku, podcast, atau artikel.Mendonasikan uang, barang, atau waktu kepada organisasi-organisasi yang bergerak di bidang hak asasi manusia, keadilan sosial, atau pemberdayaan orang kulit hitam, seperti Black Lives Matter Global Network Foundation4, NAACP, ACLU, atau Color of Change.
Mempelajari sejarah, budaya, dan perjuangan orang kulit hitam di berbagai negara dan wilayah, serta mengakui dan menghargai kontribusi mereka bagi masyarakat dan dunia.Berdialog, berdiskusi, atau berbagi pengalaman dengan orang kulit hitam atau orang lain yang peduli dengan isu-isu rasial, serta mendengarkan dan memahami sudut pandang dan perasaan mereka.
Menyuarakan pendapat, tuntutan, atau saran kepada pemerintah, media, atau lembaga-lembaga lain yang berpengaruh untuk mengubah kebijakan, sistem, atau praktik yang merugikan atau mendiskriminasi orang kulit hitam.Menyatakan komitmen untuk mendukung atau pembela orang kulit hitam, serta bersikap antirasisme, inklusif, dan toleran dalam kehidupan sehari-hari.

Rekomendasi

tanggal 29 februari Kenapa Februari Hanya Sampai 29? Begini Sejarah dan Penjelasannya

Alasan mengapa bulan Februari lebih pendek dibandingkan bulan-bulan lainnya adalah karena sejarah cara mengukur dan membagi tahun.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Konten Menarik 21 Januari: Peringatan Hari Pelukan Nasional, Berikut Sejarah dan Tujuannya

Hari Pelukan Nasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 21 Januari.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Konten Menarik Terbunuhnya Mahatma Gandhi 30 Januari 1948, Berikut Sejarahnya

Mahatma Gandhi, lahir pada 2 Oktober 1869 di Porbandar, India, dikenal sebagai pemimpin revolusioner dan arsitek gerakan kemerdekaan India.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

Sejarah Hari Ini 25 November Peringati Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Ini Sejarah dan Isu yang Diangkat

Kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan memobilisasi upaya mengakhiri kekerasan terhadap perempuan.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kisah Inspiratif Kisah Arek Suroboyo Sang Juragan Nasi Pecel di Amerika, Pernah Jadi Tukang Cuci Piring hingga Diludahi Orang

Pasutri ini merasakan kehidupan berat sebagai kaum minoritas. Sang istri pernah diludahi orang karena memakai jilbab

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

sejarah 6 Februari Peringati Hari Anti-Sunat Wanita Sedunia, Ini Sejarahnya

Peringatan ini menjadi bagian dari upaya PBB untuk menghapuskan pemotongan kelamin perempuan.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Ucapan Terima Kasih 11 Januari Hari Terima Kasih Internasional, Ini Sejarah dan Tujuannya

Peringatan ini dirayakan secara global, sebagai bentuk gerakan untuk terus menyebarluaskan budaya terima kasih.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

sejarah 25 Februari 1947 Prusia Resmi Dihapuskan, Ini Kisah Sejarahnya

Penghapusan Prusia dilakukan untuk menyingkirkan pusat militerisme dan reaksi Jerman.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Konten Menarik Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 20 Desember, Berikut Sejarah dan Tujuannya

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional diperingati setiap tanggal 20 Desember.

Baca Selengkapnya

 

Updated: Februari 25, 2024 — 10:28 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *